IAIN Kerinci Gulirkan 3 Program Inovatif Pertama di Indonesia

Advertorial, Kerinci26 Dilihat

Presisijambi.com, Berita Kerinci – IAIN Kerinci mendesain program inovatif pertama di Indonesia. Lewat program ini, mahasiswa akan memiliki kemampuan bahasa–mahir berkomunikasi dalam bahasa Inggris layaknya aktor-aktor hollywood–. Mereka dibekali kemampuan riset ilmiah setara doktoral dan menguasai skill yang dibutuhkan dunia kerja.

Tiba-tiba, udara di kampus IAIN Kerinci terasa lebih segar di tahun 2023. Setelah dua tahun di uji coba, program unggulan baru itu mulai benar-benar berjalan di tahun ini. Tagline yang diusung, “KAMPUS PUNCAK ILMU PENGETAHUAN,” akan berbuah nyata. Mahasiswa yang memulai perjalanan di tahun ini akan menjadi saksi pertama program inovatif ini dijalankan secara penuh.

Berikut programnya. Pertama, penguasaan bahasa asing. Kedua, kemampuan riset ilmiah. Ketiga, kemampuan soft dan hard skill, seperti menjadi konten kreator, menguasai desain grafis, dan sebagainya. Program ini akan menjadi pengalaman berbeda bagi mahasiswa.

Mahasiswa akan diajak memasuki dunia bahasa asing, tepatnya bahasa Arab dan bahasa Inggris. Jangan membayangkan mahasiswa akan memperoleh pengajaran bahasa asing laiknya di kampus-kampus. Dosen mengajar di depan kelas. Mahasiswa tertidur di kursi belakang.

Di IAIN Kerinci, mahasiswa diajak menjelajahi KAMPUNG PARE, tempat terkenal di Indonesia untuk mempelajari bahasa asing secara intensif. Selama setahun penuh, mahasiswa akan tenggelam dalam budaya bahasa itu. Mereka memperdalam pemahaman bahasa Inggris dan Arab secara intensif. Saban waktu bercakap-cakap dengan dua bahasa itu. Sampai mahir.

“Targetnya, mahasiswa sudah bisa nonton film hollywood tanpa harus membaca teks. Mereka juga dapat bercakap bahasa inggris layaknya pemain hollywood,”ujar Wakil Rektor II IAIN Kerinci, Dr Jafar Ahmad, Msi dilansir jambilink.com.

Pengalaman mahasiswa tak berhenti di sana. Program kedua di IAIN Kerinci adalah mengembangkan keterampilan riset dan penelitian. Selama setahun penuh, mahasiswa akan dibimbing periset-periset handal. Mereka akan diajak menyelami bagaimana metode kualitatif dan kuantitatif. Sampai jago.

Mahasiswa IAIN Kerinci didesain menjadi peneliti hebat. Mereka akan terlibat dalam proyek-proyek riset yang menantang, bekerja sama dengan para profesor dan peneliti berpengalaman di kampus.

“Nantinya, kemampuan mahasiswa semester tiga sudah bisa setara sarjana S2 bahkan doktor,”ujar Dr Jafar Ahmad.

Program ketiga, mahasiswa dipersiapkan memasuki dunia kerja. Setelah tahun pertama mengikuti program bahasa, dilanjutkan tahun kedua dengan program riset, di tahun ketiga, mahasiswa diberikan kesempatan belajar soft skill dan hard skill yang relevan dengan dunia kerja saat ini.

Selama setahun penuh, mahasiswa akan dilatih kemampuan komunikasi, kepemimpinan, kolaborasi, dan keterampilan teknis yang sangat diperlukan di tempat kerja.

“Mereka akan bisa desain grafis, bisa membuat konten video, menguasai AI dan kapasitas lain yang dibutuhkan di dunia kerja di masa depan,”ujar Dr Jafar Ahmad.

Dalam tiga tahun pendidikan yang intensif ini, mahasiswa IAIN Kerinci akan menjadi penguasa dalam berbagai aspek. Mereka tak hanya menguasai bahasa asing, tapi terampil melakukan penelitian dan punya kesiapan praktis memasuki dunia kerja.

Pendidikan di IAIN Kerinci telah dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan global dengan keahlian yang unggul.

“Jika Anda hanya mencari tempat belajar biasa, tentu ada banyak pilihan. Tetapi jika Anda ingin memiliki ilmu yang berarti, maka tujuan Anda adalah IAIN Kerinci,”tegas Dr Jafar Ahmad MSi.

Tak diragukan lagi, perubahan besar ini akan mengubah wajah pendidikan di IAIN Kerinci. Program inovatif ini akan menarik minat banyak calon mahasiswa yang bersemangat untuk mengejar ilmu pengetahuan. Inilah satu-satunya kampus di Indonesia yang melahirkan program inovatif ini.

Perjalanan pendidikan mahasiswa IAIN Kerinci akan menjadi sebuah kisah menarik. Dari langkah pertama di KAMPUNG PARE, hingga menjelajahi labor penelitian, dan akhirnya melangkah ke dunia kerja. Jebolan IAIN Kerinci akan menjadi manusia-manusia berbeda. Perjalanan mereka di IAIN Kerinci menggugah jiwa dan pasti akan menginspirasi banyak orang.

Kampus ini, KAMPUS PUNCAK ILMU PENGETAHUAN, bukan sekadar tempat belajar, tetapi sebuah wadah yang mendorong mahasiswa mengembangkan potensi terbaiknya. IAIN Kerinci telah membuktikan komitmennya memberikan pendidikan yang unggul.

Sebuah babak baru dalam sejarah pendidikan telah dibuka di IAIN Kerinci. Membumbung harapan besar pada mahasiswa yang menjadi pionir program unggulan ini.

“Alumnus IAIN Kerinci dipersiapkan menaklukkan dunia, membawa kejayaan bagi daerah dan kebanggaan bagi diri mereka dan keluarga,”kata Dr Jafar Ahmad.

Dengan penekanan yang kuat pada bahasa asing, keahlian dalam penelitian, dan kesiapan masuk dunia kerja, mahasiswa yang menempuh program tiga tahun penuh di IAIN Kerinci akan melangkah keluar dari kampus dengan kepala tegak dan keunggulan yang unik.

Momen ini tak hanya menandai keberhasilan IAIN Kerinci dalam menyediakan pendidikan tinggi berkualitas. Gagasan besar ini telah menjanjikan cerita menarik bagi para mahasiswa. Perjalanan mereka di kampus ini akan menjadi sebuah petualangan yang menginspirasi.

“IAIN Kerinci telah menegaskan dirinya sebagai lembaga pendidikan yang memberikan lebih dari sekadar pembelajaran, tapi juga membentuk pribadi yang berkualitas untuk masa depan yang cerah,”tutup Dr Jafar Ahmad MSi.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *