Aneh, Bangunan Dua Tingkat MTSN 7 Kerinci Gunakan Batu-bata Sebagai Pondasi

Berita42 Dilihat

Presisijambi, Kerinci- Kegiatan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB). Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 7 Kabupaten Kerinci tahun 2023, yang dikerjakan rekanan pelaksana CV. Nirwana Tirta Abadi, sumber anggaran dana dari Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) sebesar Rp. 2.864.490.000 diduga adanya kejanggalan pada pekerjaan bangunan.

Pasalnya pekerjaan gedung dua tingkat yang berlokasi di Desa Talago, Kecamatan Keliling Danau, pada item pondasi bangunan, pekerja bukannya menggunakan material batu kali sebagai bahan pondasi melainkan menggunakan Batu-bata.

Kepala tukang dikonfirmasi Sabtu 02/08/23 dilokasi proyek, benarkan bahan untuk pekerjaan pondasi bangunan dua tingkat ini menggunakan meterial Batu-bata sebagai pondasi.

“Ya benar menggunakan Batu-bata sebagai pondasi, kami bekerja sudah sesuai dengan petunjuk juknis, didalam juknis pondasi bangunan menggunakan Batu-batu bukan material batu kali, kalau untuk lebih jelas konfirmasi langsung konsultan” jelasnya

Doni Traputra Ketua umum LSM Forjam tanggapi hal ini. Pekerjaan pembangunan MTSN 7 Kerinci yang masih dalam pekerjaan pada saat ini, seharusnya menggunakan batu kali sebagai pondasi bangunan, karena pondasi merupakan kekuatan yang sangat penting pada bangunan untuk menahan berat beban bangunan, jika menggunakan Batu-bata sebagai pondasi sama saja menggunakan tanah, lebih baik tidak pakai pondasi.

“Aneh, bangunan dua tingkat menggunakan Batu-bata sebagai pondasi, Batu-bata dari tanah, lebih baik tidak pakai pondasi, di kerinci rawan gempa seharusnya pondasi bangunan harus kuat, harus menggunakan material batu kali yang bermutu tinggi” katanya

Lanjut Doni, pihak sekolah jangan hanya menerima proyek, menyediakan tempat terima bangunan siap pakai,

“Pihak sekolah harus ikut serta sebagai pengawasan proyek tersebut, jika ada kejanggalan harus ada protes, jangan sampai ada tudingan miring aktivis terhadap pihak sekolah” lanjutnya.

Kepsek MTSN 7 Kerinci belum ada keterangan terkait hal ini hingga berita ini dipublikasi. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *