Tender PTPN IV Disoal, Diduga Ada Persekongkolan Tentukan Pemenang

Uncategorized99 Dilihat

JAMBI-Proses tender pengadaan jasa pengelolaan pengamanan terpadu di PT Perkebunan Nusantara IV Regional IV Jambi disoal. Pasalnya, proses tender diduga kuat sarat KKN dalam menentukan pemenang, dan diminta dilakukan tender ulang.

Informasi yang dihimpun, pemenang tender dengan nilai Rp 14 Milliar tersebut, bukan diambil dari penawar terendah. Bahkan, perusahaan yang dimenangkan disinyalir tidak lengkap secara persyaratan, yaitu PT Jaya Wira Manggala.

“Itu perusahaan yang dimenangkan diduga kuat tidak memiliki Surat Izin Operasional (SIO), kita sangat yakin soal ini,” ungkap aktivis Jambi, sumber media ini.

Sumber juga menyebutkan, indikasi kuat telah terjadinya persekongkolan memenangkan perusahaan tersebut karena, Direktur PT Jaya Wira Manggala merupakan mantan Manager PTPN IV Jambi.

“Sudah sangat jelas adanya permainan orang dalam, apalagi direkturnya mantan manager PTPN IV,” jelasnya.

Sementara, lanjut dia, dibawah penawaran pemenang ada perusahaan dengan nilai penawaran lebih rendah yaitu PT Mitra Cakrawala Pro Jaya.

“Penawar terendah juga mmerupakan putra daerah setempat, sedangkan perusahaan yang di menangkan adalah perusahaan yang dari luar daerah yaitu dari Pekan Baru, Riau,” ungkapnya.

Terhadap kondisi tersebut, proses tender di PTPN IV Jambi diduga kuat adanya persekongkolan dan permufakatan dalam menentukan pemenang.

“Hal ini telah melanggar UU nomor 55 tahun 1999 tentang anti monopoli, serta pelangaran Kepres tetang pengadaan barang dan jasa. Kita minta PTPN IV Jambi untuk membatalkan pemenang dan melakukan tender ulang,” tegasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *